ANALISIS KEBUTUHAN MODAL KERJA PADA TOKO SOUVENIR … DI …

Kita mengenal bahwa perusahaan dagang mempunyai tujuan menjual barang dagangannya agar laku untuk memperoleh laba yang diharapkan. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pengelolaan yang intensif dari berbagai aspek yang ada dalam perusahaan itu sendiri. Suatu perusahaan tidak akan dapat bertahan dalam jangka panjang tanpa manajemen yang baik. Untuk mewujudkan tujuan perusahaan dan kelangsungan hidup perusahaan agar lebih terjamin maka setiap pimpinan perusahaan akan selalu berusaha menerapkan manajemen penggunaan modal yang seefisien mungkin serta diharapkan selalu meningkat.

Bagi setiap perusahaan pada umumnya yang menjadi tujuan utamanya adalah menghasilkan laba semaksimal mungkin dalam periode tertentu. Namun dengan laba yang maksimal belum tentu perusahaan bekerja secara efisien dalam menggunakan modalnya, karena efisien penggunaan modal oleh suatu perusahaan dapat diketahui dengan membandingkan laba yang dihasilkan dengan modal sendiri dan modal asing yang menghasilkan laba tersebut, yang biasa disebut dengan rentabilitas ekonomis.

Toko Souvenir ….. adalah salah satu perusahaan dagang yang berusaha dalam bidang penyediaan barang-barang souvenir atau cinderamata.

Sistem penjualan untuk semua barang tersebut adalah ditawarkan langsung kepada para langganan ataupun konsumen yang membutuhkan akan barang-barang souvenir seperti ……, ……., ……, dan lain-lain.

Dalam pelaksanaan operasinya maka Toko Souvenir ….. yang beralamat di ….., tentunya untuk membiayai pembelian barang-barang, ongkos angkut, biaya karyawan, serta biaya umum lainnya perlu modal yang memadai.

Untuk mencapai tujuan perusahaan supaya dapat menjual barang sebanyak mungkin agar memperoleh laba yang diharapkan kiranya dapat mendorong perusahaan dapat hidup dan berkembang serta bersaing dengan perusahaan sejenis.

Bagi setiap perusahaan baik itu perusahaan berskala kecil, menengah ataupun besar agar dapat bertahan dan berkembang lebih lama, maka salah satu yang harus diperhatikannya adalah kebutuhan modal kerjanya yang digunakan dalam operasi perusahaan tersebut.

Jika dalam operasinya perusahaan kekurangan modal kerjanya maka akibatnya kontinuitas operasi perusahaannya akan terganggu. Namun sebaliknya jika dalam operasinya perusahaan kelebihan modal kerjanya maka akibatnya penggunaan dananya kurang efektif, karena banyak dananya yang ditanam idle (mubazir/tidak ada gunanya) akan terganggu, maka sampai saat ini pihak perusahaan belum mengetahui kondisi yang sebenarnya dan menganalisis penggunaan modal kerja apakah perlu penambahan atau tidak.

Oleh sebab itulah jika kondisi tersebut terjadi pada sebuah perusahaan, maka kemungkinan besar dalam jangka panjang akan mengakibatkan perusahaan tersebut menderita kerugian dan atau bahkan bisa mengakibatkan gulung tikar.

Mengingat pentingnya peranan modal kerja bagi suatu perusahaan maka penulis mencoba untuk meneliti besar kecilnya modal kerja yang dibutuhkan oleh Toko Souvenir ….. yang bergerak dalam perdagangan khusus barang-barang souvenir seperti ….., ….., …..,dan lain-lain.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka penulis melakukan penelitian pada Toko Souvenir ….. tersebut dengan judul :

“Analisis Kebutuhan Modal Kerja pada Toko Souvenir ….. di …..”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: