ANALISIS PENETAPAN HARGA POKOK PENJUALAN BATU PECAH PALU PADA CV. ….. DI ………

Sejak dilaksanakannya otonomi daerah di seluruh Indonesia, setiap daerah seakan berlomba dalam melaksanakan pembangunan di daerahnya masing-masing. Demikian juga halnya di Kab/Kota/Propinsi ….. Setiap kabupaten dan kota membangun daerahnya baik dilakukan pemerintah daerah maupun pihak swasta. Pemerintah daerah membangun gedung-gedung pemerintahan yang megah, jembatan, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Sedangkan pihak swasta membangun mal, pemukiman penduduk, supermarket, maupun membangun fasilitas-fasilitas dengan bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Kegiatan pembangunan berbagai gedung dan fasilitas lainnya menuntut tersedianya bahan-bahan bangunan (konstruksi) seperti pasir, semen, batu pecah, besi beton, tenaga kerja, dan lain-lain dalam jumlah yang besar.

Salah satu perusahaan yang menyediakan bahan-bahan bangunan adalah CV. …… yang bergerak dalam penyediaan batu pecah di ………….

Perusahaan ini dari tahun ke tahun selalu berkembang dalam penjualan produknya sejalan dengan semakin meningkatnya pendapatan masyarakat yang membawa pengaruh pada meningkatnya daya beli masyarakat terhadap produk batu pecah sebagai bahan bangunan maupun keperluan lainnya.

Ditinjau dari segi karakteristik proses produksi dapat dikatakan bahwa produk yang didistribusikan bersifat massa. Oleh karenanya proses penyediaan persediaan ditujukan untuk menentukan penjualan. Sehingga penentuan harga pokok produk yang digunakan oleh perusahaan ini adalah harga pokok proses.

Biasanya sistem biaya proses dirancang untuk perusahaan yang produksinya tidak didasarkan pada pesanan. Sistem ini cocok untuk perusahaan yang produknya bersifat homogen dan dilakukan secara terus menerus. Produknya disimpan dalam persediaan lalu kemudian dijual. Perusahaan CV. ………….. dalam menjalankan usaha penyediaan batu pecah dilakukan secara terus menerus dan kontinu dengan siklus pembelian batu pecah, persediaan disimpan dalam stockpile, kemudian didistribusikan ke para konsumen.

Sebagaimana diketahui bahwa ketidaktepatan dalam perhitungan dan penentuan harga pokok produk berpengaruh terhadap kebijaksanaan penetapan harga jual. Bagi perusahaan yang menawarkan produknya dimana produk tersebut bersaing, maka masalah penentuan harga pokok ini adalah sangat penting dan perlu dilakukan secara teliti, masalah ini berlaku pada perusahaan yang diteliti.

Selama ini ……. di ……. dalam menentukan biaya produksi atau menghitung harga pokok adalah didasarkan pada pendekatan biaya dibagi dengan pendapatan penjualan yang diperoleh, tanpa mempertimbangkan apakah biaya itu relevan atau tidak untuk dibebankan atau dialokasikan. Dengan demikian maka akan diddapatkan hasil bahwa harga pokok yang ditetapkan oleh perusahaan cenderung tinggi.

Jika keadaan ini berlangsung terus-menerus, maka pola efisiensi pada usaha tidak akan tercapai. Dalam jangka panjang ini akan membawa pengaruh di dalam perkembangan perusahaan tersebut, karena dinilai pengendalian biaya tidak pernah dilakukan secara teliti.

Suatu perusahaan akan tetap berkembang dalam persaingan yang ketat bila perusahaan mampu mengendalikan biaya dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi kerja. Oleh karena itu sangat diperlukan iinformasi mengenai harga pokok produksi sebagai alat untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan.

Dengan melihat keadaan yang diuraikan di atas, dianggap perlu untuk melakukan penelitian dengan masalah penentuan harga pokok batu pecah dimaksud secara teliti dan benar. Kaitannya dengan hal tersebut, maka ditetapkan judul penelitian : “Analisis Penetapan Harga Pokok Penjualan Batu Pecah Palu Pada CV. ……….. di ………..”.

Jika tertarik denga judul/permasalahan di atas, silakan hubungi admin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: