ANALISIS RASIO LABA RUGI PADA DEPOT AIR ISI ULANG ……… DI …………..

Strategi pelayanan dalam suatu unit usaha, baik usaha yang bersifat waralaba maupun nirlaba merupakan komponen yang sangat menentukan maju mundurnya unit usaha. Pada umumnya suatu unit usaha nirlaba atau jasa bertujuan memperoleh keuntungan agar dapat bertahan dalam menghadapi persaingan pasar yang serba kompetitif. Untuk merebut pangsa pasar dari masa ke masa dalam kondisi persaingan pasar yang ketat, bukan suatu pekerjaan yang mudah. Kemajuan teknologi telah mengakibatkan tingkat kualitas yang sama terhadap suatu produk, sehingga menjadikan persaingan yang ketat dan permintaan konsumen semakin meningkat dan beragam. Jika produk yang dihasilkandapat memberikan kepuasan kepada konsumen, berarti perusahaan tersebut memperoleh peluang untuk meraih pangsa pasar pada suatu segmen atau periode tertentu, dan dipastikan akan terjadi sesuatu yang lebih baik untuk bisnis perusahaan tersebut di masa yang akan datang dan pada akhirnya kepuasan konsumen akan mempengaruhi kinerja keuangan setiap perusahaan.

Seorang konsumen yang puas adalah konsumen yang merasa mendapatkan value dari penyedia jasa. Value ini bisa berasal dari produk, pelayanan, ataupun sistem. Dengan melihat hubungan ini, jelaslah bahwa kepuasan konsumen haruslah menjadi salah satu tujuan dari setiap perusahaan.

Berbagai macam cara dilakukan untuk mempertahankan bahkan untuk dapat meningkatkan jumlah konsumen. Bagi unit usaha yang tidak mampu mengikuti adanya perubahan-perubahan yang terjadi, dengan sendirinya akan tersisih dari arena persaingan. Persaingan yang semakin ketat di masa yang akan datang mendorong unit usaha melakukan strategi dalam mempertahankan image dari konsumennya. Para pengusaha melakukan berbagai macam strategi untuk memajukan kelangsungan hidup usahanya, semua dilaksanakan hanya untuk mencapai tujuan utama perusahaan yaitu meningkatkan keuntungan atau laba.

Untuk mencapai tujuan tersebut dan menjaga agar perusahaan tetap hidup dan berkembang, maka diperlukan adanya pengelolaan manajemen yang baik. Peranan pimpinan atau manajer perusahaan sangat besar dalam menjalankan operasi perusahaan. Di dalam pengambilan keputusan, pimpinan perusahaan atau manajer sangat berkepentingan terhadap laporan finansial dari perusahaan yang dipimpinnya.

Untuk menginterprestasikan apakah manajemen bekerja dengan efektif dan efisien maka diperlukan adanya suatu informasi finansialnya guna mengukur dan mengetahui sumber finansial yang ada dalam perusahaan. Alat ukur yang digunakan pada umumnya adalah rasio-rasio keuangan diantaranya rasio likuiditas dan rentabilitas.

Masalah likuiditas adalah berhubungan dengan masalah kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajiban finansilnya yang segera harus dipenuhi. Jumlah dari pada alat-alat pembayaran yang dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat tertentu merupakan kekuatan membayar dari suatu perusahaan belum tentu dapat memenuhi segala kewajiban-kewajibannya atau dengan kata lain perusahaan tersebut belum tentu mempunyai kemampuan membayar.

Sedangkan rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba pada periode tertentu. Dengan demikian rentabilitas suatu perusahaan dapat diketahui dengan membandingkan antara laba dan aktiva yang dimiliki oleh perusahaan.

Bagi perusahaan yang ingin berkembang tentu sangat penting artinya menghitung dan mengetahui tingkat likuiditas dan rentabilitas suatu perusahaan, karena bukan hanya perusahaan saja yang memerlukannya tetapi juga para investor, kreditor, dan pihak-pihak lainnya. Tanpa mengetahui tingkat likuiditas dan rentabilitas perusahaan investor tidak akan mau menanamkan modalnya, demikian juga halnya dengan kreditor tidak akan mengucurkan kreditnya tanpa ada laporan tingkat likuiditas dan rentabilitasnya.

Kondisi keuangan perusahaan ……….. saat ini belum mengetahui apakah mampu memenuhi kewajiban dari segi finansial dan kemampuan untuk menghasilkan laba tidak menentu.

Sehubungan dengan uraian di atas, maka penulis mencoba membahas dengan membatasi uraian tersebut dengan masalah pokok di dalam menganalisis laporan keuangan pada Depot Air Isi Ulang …………, yaitu : rasio laba rugi sesuai judul yang telah penulis kemukakan.

Tertarik dengan judul/pokok permasalahan di atas ? Hubungi admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: