PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III DI SD ….. (STUDI EKSPERIMENTAL)

Seorang siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam dikatakan kurang berhasil apabila perubahan tingkah laku yang terjadi belum mampu menerapkan suatu nilai/sikap telah ditetapkan secara tepat sesuai yang diharapkan. Untuk mencapai suatu hasil belajar yang maksimal, banyak aspek yang mempengaruhinya, di antaranya aspek guru, siswa, metode pembelajaran dan lain-lain. Mudjiono dan Dimyati dalam bukunya Strategi Belajar menyatakan bahwa belajar merupakan kegiatan yang kompleks. Hasil belajar berupa kapabilitas. Setelah belajar orang memiliki keterampilan, pengetahuan, sikap, dan nilai. Timbulnya kapabilitas tersebut adalah dari (i) stimulasi yang berasal dari lingkungan, dan (ii) proses kognitif yang dilakukan oleh pembelajar. Dengan demikian, belajar merupakan peristiwa sehari-hari di sekolah. Belajar merupakan hal yang kompleks. Kompleksitas belajar dapat dipandang dari dua subjek, yaitu dari siswa dan guru. Dari segi siswa, belajar dialami sebagai suatu proses, siswa mengalami proses mental dalam menghadapi bahan belajar. Dari guru, proses belajar tersebut tampak sebagai perilaku belajar tentang sesuatu hal.

Pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah pelajaran yang mengajarkan berbagai nilai-nilai dan sikap sesuai dengan yang ditentukan dalam agama Islam. Mengingat pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam berbagai bidang kehidupan manusia, maka perlu diperhatikan mutu pengajaran mata pelajaran PAI yang di ajarkan di tiap jenjang dan jenis pendidikan. Untuk mendapatkan pengetahuan tentang PAI, maka siswa harus menempuh proses belajar mengajar yang baik.

Pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak-anak khususnya siswa sekolah dasar merupakan langkah awal yang sangat penting dan menentukan pengetahuan agama anak untuk masa yang akan datang. Tetapi dalam pelaksanaannya masih banyak kekurangan dan kendalanya salah satunya adalah guru yang dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya dalam fiqih hanya menggunakan metode ceramah tanpa mendemonstrasikannya terlebih dahulu, sehingga siswa menjadi kaku, tidak bersemangat, bosan dan bahkan tidak mengikuti pembelajaran dengan baik.

Dengan penggunaan metode demonstrasi siswa akan lebih mudah untuk memahami dan mengerti materi-materi dalam Pendidikan Agama Islam, karena guru langsung mempraktekkan dan mendemonstrasikan pembelajaran bernyanyi secara langsung kepada siswa.

Proses belajar mengajar akan berjalan dengan baik kalau metode yang digunakan betul-betul tepat. Menurut Zakiah Daradjat dalam bukunya Ilmu Pendidikan Islam, penggunaan metode demonstrasi menggunakan peragaan atau percontohan kepada anak didik diperlukan agar anak bisa meniru dan mendapat pengalaman praktis yang biasanya bersifat tahan lama.

Dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam ada 30% materi yang menuntut anak diberi peniruan (demonstrasi) seperti pada materi thaharah, shalat, tayamum, wudhu, thayamum, zakat, dan lain-lain. Materi seperti di atas tidak cukup hanya diberikan penjelasan, tapi perlu contoh konkret bagaimana pelaksanaannya sehingga anak tidak salah interpretasi.

Hal di atas juga dilakukan oleh guru-guru agama di SD ….. dalam pelaksanaannya. Materi-materi pendidikan agama yang menuntut adanya peragaan diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi dengan pertimbangan bahwa jika hanya menggunakan metode ceramah misalnya siswa akan kesulitan memahami materi yang disampaikan.

Metode demonstrasi sudah dijelaskan pada uraian terdahulu bahwa yang dimaksud dengan metode demonstrasi adalah suatu upaya atau praktek dengan menggunakan peragaan dengan tujuan siswa lebih mudah memahami atau mempraktekkan apa yag diperolehnya. Pada penelitian ini kami ingin melihat lebih jauh bagaimana langkah-langkah yang dilakukan guru dalam melaksanakan metode demonstrasi ini khusus pada materi-materi yang kami sebutkan di atas dengan judul : “Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas III di SD ….. (Studi Eksperimental)”.

Tertarik ? Hubungi admin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: